Minggu, 07 Oktober 2012

Multikultularisme perspektif bhineka tunggal ika



Multikultularisme perspektif bhineka tunggal ika sebenarnya memiliki makna dari setiap kata misalnya kita artikan secara satu persatu kata.
·         Multikultularisme adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, ataupun kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap adanya keragaman, dan berbagai macam budaya (multikultural) yang ada dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, dan politik yang mereka anut.
·         Perspektif adalah sudut pandang manusia dalam memilih opini.
·         Bhinneka Tunggal Ika seperti kita pahami sebagai motto Negara, yang diangkat dari penggalan kakawin Sutasoma karya besar Mpu Tantular pada jaman Keprabonan Majapahit (abad 14) secara harfiah diartikan sebagai bercerai berai tetapi satu .

Jadi Multikultularisme perspektif bhineka tunggal ika bisa di artikan secara garis besar adalah keanekaragaman kehidupan serta budaya yang menyangkut nilai – nilai, sistem budaya, kebiasaan dan politik yang dianut menurut sudut pandang manusia,secara bhineka tunggal ika (bercerai berai tetap satu).
Motto ini digunakan sebagai ilustrasi dari jati diri bangsa Indonesia yang secara natural, dan sosial-kultural dibangun diatas keanekaragaman. (etnis, bahasa, budaya dll). Konsep yang demikian seharusnya dapat menjadi acuan pada Negara Indonesia agar dapat saling menghargai keanekaragaman setiap etnis, bahasa budaya  dan suku agar terciptanya kehidupan yang saling menghargai antar sesama warga negara dan terciptanya kehidupan yang damai dan penuh konsep kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar