Senin, 08 Oktober 2012

Dampak Pancasila terhadap Dunia Pendidikan Multikultural


     Dampak Pancasila terhadap Dunia Pendidikan Multikultural

Pendidikan Multikultural bisa di gambarkan sebagai usaha menumbuhkan kemampuan untuk menghormati keragaman dalam dunia pendidikan. Kemampuan untuk menghormati keragaman dan perbedaan di negara Indonesia yang plural menjadi keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar dan harus dimiliki oleh setiap warga negaranya, jika bangsa dan negara ini ingin tetap eksis. Untuk menumbuhkan kemampuan tersebut, jalur pendidikan - baik informal, formal, dan non formal - merupakan media yang sangat strategis.
Melalui jalur ini, pendidikan multikultural merupakan tema yang harus diangkat untuk menumbuhkan kemampuan untuk menghormati keragaman. Khususnya dalam pendidikan formal, tema-tema yang terkait dengan pendidikan multikultural dapat dimasukkan ke dalam proses pembelajaran anak baik melalui kegiatan akademik yang terintegrasi ke dalam beberapa mata pelajaran maupun kegiatan non-akademik. Tema-tema tersebut diantaranya seperti tema agama/ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan/kerakyatan, demokrasi dan keadilan sosial.
Dengan begitu melakukan proses pembelajaran itu siswa / siswi bisa mengerti dampak pentingnya multikultural tersebut, dan mereka bisa mengambil nilai positif yang ada dalam multikultutal dalam dunia pendidikan, dengan catatan di ajarkan secara benar dan profesionalisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar